Kebakaran yang terjadi pada Kilang Minyak Jawa Barat masih dipertanyakan soal penyebabnya

 Ekonomi

Jakarta, matapost.com

Kebakaran yang terjadi pada Kilang Minyak Jawa Barat masih dipertanyakan soal penyebabnya. Kali ini, Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok buka suara terkait dengan penyebab fasilitas yang menyuplai Bahan bakar Minyak (BBM) di wilayah Jawa barat, DKI Jakarta, dan sebagian Banten.

Ahok mengatakan salah satu sebab kebakaran yang terjadi di Refinery Unit IV atau Kilang Balongan di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Di antaranya adalah kebocoran tangki.

Yang masih belum terjawab, lanjut dia, adalah penyebab pengamanan kebocoran tangki terlambat dilakukan hingga menyebabkan kebakaran yang melukai 30 orang dan 932 warga mengungsi itu.

“Yang pasti tangki bocor, yang belum terjawab kenapa bocor pengamanan terlambat?” kata Ahok seperti dikutip dari cnni.com, Jumat (2/4/2021).

Walau tak dapat merinci lebih jauh, Eks Gubernur DKI Jakarta ini memastikan saat ini investigasi terkait kebakaran dikilang minyak masih dilakukan oleh Pertamina dan pihak Kepolisian.

Seperti diketahui, kilang Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, sejak Senin (29/3). Api baru padam pada Rabu (31/3) dini hari. Namun, pada Jumat (2/4), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat menyatakan dua titik api yang berada di tangki T 301 F dan T T301 G sempat kembali menyala.

Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Jabar Hadi Rahmat mengatakan, pada Kamis (1/4) pukul 20.30 WIB, tangki T-301 F yang pada sore hari sudah mulai mengecil belum bisa dipadamkan. (henri/mp/detikcom)

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan