Perkebunan Copi, Karet, Sawit dan temabakau ini juga di daerah penghasil yang tertinggi

 Ekonomi, News, Pertanian

Jakarta, matapost

Perkebunan Copi, Karet, Sawit dan temabakau ini juga di daerah penghasil yang tertinggi. Pihak Pemerintah melalui kementrian pertanian mengajurkan seperti perkebunan Kelapa Sawit, Kelapa, dan kopi, ini sangat dominan usaha daerah propinsi  yang ada di Sumatra.

Program kemitraan antara pekebun dengan perusahaan yang menghasilkan meningkatkan masa pademic menjadi cikal bakal pembentukan korporasi Kelapa sawit dan kopi.

Direktur Tanaman Tahunan dan Penyegar Ditjen Perkebunan Kementerian Pertanian Heru Tri Widarto mengatakan pekebun sawit merupakan kekuatan besar dengan luas mencapai 6,94 juta hektar (ha) dari total luas kebun sawit nasional 16,38 juta ha.

Pada masa lalu lewat kemitraan dengan perusahaan, pekebun berhasil meningkatkan kesejahteraannya.“Kemitraan harus diperkuat, transparansi menjadi kata kunci.

Ke depan tidak perlu lagi ada yang pihak yang harus menjodohkan pekebun dengan perusahaan karena masing-masing saling membutuhkan,” katanya pada webinar dan Live Streaming 2nd Indonesian Palm Oil Smallholders Conference (IPOSC) ‘Memperkuat Petani Kelapa Sawit’ yang diselenggarakan Media Perkebunan di Jakarta, Kamis (16/9/2021).

Konsep pengembangan korporasi pekebun, lanjutnya, adalah pekebun terkonsolidasi dalam Kelompok tani (poktan), Gabungan kelompok tani (gapoktan) ataupun koperasi, mendapat fasilitas sarpras, pembinaan dan pendampingan dari pemerintah dan mitra. (Asril/netty/mp/sindo)

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan